Langsung ke konten utama

PR WRITING : Penulisan dalam PR WRITING

Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation Writing mengenai Penulisan dalam PR Writing. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.


Menulis
adalah kegiatan menuangkan ide, gagasan atau perasaan ke dalam bentuk tulisan untuk menyampaikan pesan atau informasi secara tidak langsung kepada orang lain.

Menurut Henry Guntur Tarigan (2008), menulis ialah salah satu keterampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif untuk berkomunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. sementara menurut Don Bryne dalam Teaching Writing Skills (1979), menjelaskan keterampilan menulis karangan atau mengarang ialah keterampilan menuangkan buah pikiran ke dalam bahasa tulis melalui kalimat yang dirangkai secara utuh dan jelas, sehingga dapat dikomunikasikan dengan baik kepada pembaca.


Public Relation
 adalah upaya perusahaan untuk memelihara hubungan yang positif dan saling menguntungkan dengan berbagai pemangku kepentingan seperti media, karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Biasanya PR merupakan divisi atau departemen tersendiri dari sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang sudah besar dan membutuhkan banyak sumber daya dalam menjalin relasi dengan publik. 

Tujuan dari PR adalah untuk membangun citra positif perusahaan atau organisasi di mata publik, serta menjaga dan meningkatkan hubungan baik antara perusahaan atau organisasi dengan pemangku kepentingan, seperti pelanggan, investor, media, pemerintah, dan masyarakat umum.

Dalam praktiknya, PR mencakup berbagai kegiatan, termasuk penyusunan strategi komunikasi, pengelolaan media, manajemen krisis, pengelolaan acara, dan kegiatan promosi. Dalam melaksanakan tugasnya, PR bekerja dengan berbagai departemen di perusahaan atau organisasi, seperti pemasaran, keuangan, dan manajemen, untuk memastikan bahwa pesan yang disampaikan konsisten dengan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan.

Fungsi utama Public Relations adalah membantu menjalin hubungan dengan media, pemangku kepentingan dan juga publik untuk menghasilkan citra positif perusahaan. Selain itu, PR juga membantu meningkatkan pengenalan merek, mempromosikan produk atau layanan, memperkuat hubungan dengan media, serta membantu meminimalisir dampak negatif dari krisis atau masalah yang muncul.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan reputasi perusahaan atau organisasi di mata publik, mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan, serta meminimalkan risiko dan dampak negatif dari berbagai isu yang terkait dengan perusahaan atau organisasi. 

Penulisan dalam Public Relation

Public Relation (PR) atau biasa disebut Hubungan Masyarakat (Humas), Menurut F.Rachmadi (1992) dalam bukunya Public Relations dalam Teori dan Praktek, PR adalah suatu kegiatan komunikasi yang bersifat timbal balik.

Penerapan komunikasi dalam public relation yang efektif :

  • Jenis publik yang menjadi sasaran
  • Susunan pesan yang akan disampaikan kepada publik
  • Saluran yang sesuai
  • Strategi yang akan digunakan
Syarat-syarat PR writing yang baik menurut Dr. Willard G. Bleyer :
" Berita yang baik adalah segala sesuatu yang hangat atau aktual dan menarik perhatian sejumlah pembaca (anything timely that interest a number of Readers)"

Syarat yang harus dipenuhi dalam penulisan public relation yang baik :
  1. Informasi yang disampaikan harus berdasarkan fakta (akurat) dan sesuai dengan kenyataan
  2. Aktual (tepat waktu)
  3. Objektif (berdasarkan kenyataan, bukan opini seseorang)
  4. Menarik (informasi yang disampaikan harus tertata dan menimbulkan pertanyaan bagi pembaca serta khas)
Jenis-Jenis Kegiatan PR Writing :
  • Press Release
  • Feature (karangan khas)
  • Artikel
  • Advertorial
  • Penulisan Surat (komentar pembaca)
  • Selebaran
  • Jurnalistik
Proses Dasar PR Writing

1. Perencanaan
  • Merumuskan maksud atau tujuan informasi yang akan disampaikan
  • Mendasarkan tujuan pada pokok-poko pikiran
  • Menganalisa publik termasuk sasaran, kebutuhan, dan harapan publik
  • Menetapkan media yang akan digunakan
2. Penulisan
  • Membuat draft terlebih dahulu
  • Informasi yang ditulis haruslah sesederhana, jelas dan terarah
  • Melakukan pengaturan pada bentuk dan teknik penyajian pesan (struktur dan daya tarik pesan)
3. Evaluasi
  • Pada tahap ini yang dilakukan adalah memeriksa atau mengecek hasil tulisan. Evaluasi dilakukan dengan riset secara berkala untuk kelayakannya, apakah diterima oleh masyarakat atau tidak

Sekian dan terima kasih

Ade Permana

Dosen Pengampu : 
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Referensi :
Materi Pembelajaran oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...