Hallo Blogger,
Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya :
1. Observasi Audience
Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu
2. Grouping Audience
Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh :
- Pendidikan
- Usia
- Hobby
- Tempat tinggal (lingkungan)
- Dan seterusnya
3. Mapping Strategi
Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. dengan data base yang sudah kita miliki, saat berbicara dengan audience tertentu kita bisa menggunakan strategi atau pendekatan sesuai karakteristik yang dimiliki audience kita. sebagai contoh :
Untuk audience yang memiliki hobby berolahraga, kita bisa memulai obrolan seputar olahraga misalnya dengan membahas hasil pertandingan sepak bola dan sebagainya. dari situ kita bisa memulai soft selling dengan mempromosikan produk kesehatan yang kita miliki seperti susu atau madu
4. Integrity
Saat melakukan teknic public speaking, kita juga perlu memperhatikan aspek kejujuran. jangan sampai saat menjelaskan produk knowledge kita terkesan berlebihan dan tidak logis. semisal, apabila bapak mengkonsumsi produk ini, bapak akan mendapatkan rejeki yang berlimpah pada hari berikutnya.
5. Clossing
Setelah melakukan beberapa teknik public speaking diatas, maka teknik selanjutkan yang harus kita lakukan adalah memberi saran atau mengarahkan audience kita untuk bergabung atau membeli produk yang kita tawarkan. ini merupakan sebuah hasil dan kesimpulan terhadap beberapa teknik public speaking yang kita lakukan sebelumnya.
Kesimpulannya, audience tertarik atau tidak dengan produk atau penawaran yang kita berikan tergantung dari kemampuan public speaking yang kita miliki.
Sekian dan terima kasih
Ade Permana
Referensi dan Dosen Pengampu :
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS.,
C.STMI
Strategi yang disampaikan sangat menarik
BalasHapusTerima kasih, semoga bermanfaat
BalasHapus