Langsung ke konten utama

Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

 Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.

Krisis yang terjadi di perusahaan/organisasi dapat terjadi tanpa bisa diduga. Oleh karena itu, praktisi humas harus menguasai cara penanganan krisis yang relevan agar bisa meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Mengidentifikasi Masalah

Mengidentifikasi masalah merupakan langkah penting pertama. Dengan identifikasi, humas dapat menentukan respons yang tepat. Seperti diketahui, tidak semua masalah perlu ditanggapi. Beberapa masalah bahkan bisa “selesai” dengan sendirinya.

Merespons pesan negatif yang sedianya tidak perlu ditanggapi secara reaktif justru akan mengundang perhatian publik. Jika dalam proses identifikasi ditemukan bahwa masalah yang terjadi tidak terlalu besar, humas disarankan untuk tidak reaktif dalam menanggapi.

Respon Cepat

Humas harus bertindak cepat jika masalah yang melanda ternyata memerlukan penanganan khusus. Namun, pastikan pergerakan didukung strategi komunikasi mengatasi krisis. Strategi komunikasi itu dapat berupa siaran pers, artikel, surat pernyataan/klarifikasi yang nantinya dipublikasikan melalui media sosial dan website.

Melatih Tim Unit Respon Krisis Pertama

Sebelum terjadi krisis, humas disarankan tetap aktif berkoordinasi dengan tim unit respon krisis pertama. Tim ini umumnya mencakup tim layanan pelanggan dan media sosial. Untuk menghadapi krisis, dua tim ini harus mendapat pelatihan khusus karena berada di garda depan dalam menjaga reputasi perusahaan.

Tim layanan pelanggan dapat mendeteksi krisis yang terjadi sebelum mencapai khalayak luas lewat aktivitas komunikasinya dengan pelanggan. Sementara tim media sosial memegang kendali penuh atas informasi yang beredar.

Memantau Situasi Krisis

Sembari menerapkan strategi komunikasi dan manajemen krisis untuk memulihkan keadaan, humas harus terus memantau perkembangan krisis  melalui perangkat media monitoring.

Bekerja sama dengan influencer

Terakhir, cara mengatasi krisis yang relevan di tahun 2024 ini adalah bekerja sama dengan influencer. Ketika terjadi krisis, humas bisa menggandeng influencer untuk membantu memulihkan krisis yang terjadi.


 Sekian dan terima kasih

Ade Permana



Dosen Pengampu : 

Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...