Langsung ke konten utama

APA ITU PUBLIC RELATION ???


Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas seputar apa itu public relation dan skill wajib yang dimiliki seorang PR. penasaran? baca selengkapnya!

Posisi public relation masih menjadi incaran para lulusan baru sampai saat ini. Hal ini juga diperkuat dengan kebutuhan public relation di setiap perusahaan. Tapi, apakah Anda sudah mengetahui job desk public relation?

Job desk public relation tidak hanya sebatas menjadi wajah perusahaan untuk pihak luar saja. Lebih dari itu, tugas public relation antara lain juga menjadi komunikator dan negosiator andal untuk mencapai tujuan perusahaan.

Ingin merekrut seorang public relation tapi belum paham betul rincian job desk-nya? Simak bahasan tentang tugas public relationskill, dan informasi gajinya berikut ini.

Apa Itu Public Relation?

Pada praktiknya, pekerjaan public relation bukanlah pekerjaan untuk satu orang saja. Melainkan lebih dari satu orang yang bertugas untuk mengurus segala keperluan yang berkaitan dengan hubungan antara perusahaan dengan pihak lainnya.

Mengapa perusahaan membutuhkan seorang public relation? Tujuannya adalah untuk menjalin kerjasama, meminimalisir konflik yang mungkin terjadi, hingga menjaga nama baik perusahaan.

Peran utama dari seorang public relation adalah untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat dan memahami apa yang harus diberikan perusahaan kepada masyarakat.

Job desk public relation yang utama adalah sebagai jembatan antara perusahaan dan masyarakat secara luas. Hal ini bisa dilakukan secara face to face, siaran pers, hingga media sosial. Dengan melakukan semua upaya ini, harapannya public relation dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata stakeholder eksternal.

Job Desk Public Relation

Selama ini, banyak orang mengira job desk public relation sama seperti humas. Padahal, keduanya berbeda baik dari tugas maupun tanggung jawab.

Umumnya, tugas humas terbatas pada menjalin hubungan dengan masyarakat di sekitar perusahaan. Tanggung jawabnya pun dianggap tuntas jika masyarakat sekitar dapat menerima perusahaan dengan baik.

Sementara itu, job desk public relation jauh lebih banyak dan rumit daripada itu. Selengkapnya tentang tugas public relation adalah sebagai berikut:

  • Menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan pihak luar (masyarakat, media, dan pihak-pihak lainnya)
  • Merancang dan membuat press release
  • Menyiapkan pernyataan atau pidato yang akan disampaikan oleh juru bicara perusahaan atau audio visual terkait pernyataan tersebut
  • Melakukan pengawasan terhadap aktivitas kompetitor bisnis
  • Membangun identitas brand perusahaan dan kesadaran masyarakat tentang perusahaan
  • Mengatur reputasi perusahaan dengan membuat berbagai macam program. Seperti manajemen krisis hingga melakukan riset terkait pandangan publik kepada perusahaan
  • Membuat, mengatur, dan mengelola event perusahaan terkait peluncuran produk atau acara lainnya
  • Memperbarui dan memonitor konten atau aktivitas pada platform yang digunakan perusahaan. Baik media sosial, website, atau email
  • Melakukan pengembangan strategi komunikasi untuk meningkatkan mutu perusahaan
  • Melakukan evaluasi dan perencanaan strategi hubungan perusahaan dengan masyarakat
  • Melakukan riset atau memberikan ide terkait strategi kemajuan dan pengembangan perusahaan
  • Mempresentasikan dan menjaga citra perusahaan di mata masyarakat
  • Membagikan informasi terkait perusahaan kepada pihak luar
  • Menyusun program untuk iklan dan promosi produk perusahaan
  • Menetapkan, mengawasi, dan meninjau kegiatan humas
Skill yang Wajib Dimiliki Public Relation

Setelah Anda mengetahui job desk public relation di sebuah perusahaan, Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih kandidat. Pastikan kandidat yang Anda pilih memiliki beberapa skill yang dibutuhkan, seperti:

  • Jurnalistik atau kemampuan menulis untuk membuat press release atau pidato
  • Memiliki komunikasi verbal yang bagus untuk menyampaikan informasi dan juga meyakinkan ke pihak luar dan pihak internal
  • Mampu menggiring opini publik sehingga bisa menciptakan persepsi yang baik dan positif
  • Mampu menggaet sponsor atau investor baru untuk menentukan arah perusahaan
  • Memiliki pengetahuan manajemen publik
  • Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi terkini
  • Memiliki kemampuan interpersonal

Selain itu, untuk dapat menyelesaikan tugas yang diberikan, kandidat yang Anda pilih juga harus memenuhi latar belakang mumpuni, misalnya:

  • Punya latar belakang pendidikan mendukung (semisal dari Komunikasi, Manajemen Bisnis, Hubungan Internasional, dan sebagainya)
  • Aktif berorganisasi/melakukan hal-hal berkaitan negosiasi dengan orang lain/khalayak ramai
  • Terbukti punya portofolio di bidang public speaking
  • Menguasai lebih dari satu bahasa makin baik
  • dan sebagainya.
Info Gaji Public Relation di Indonesia

Faktanya, public relation adalah salah satu profesi paling menjanjikan di Indonesia, baik secara gaji maupun jenjang karir. Di perusahaan kecil atau startup, seorang public relation level fresh graduate mungkin akan menerima gaji UMR.

Akan tetapi, di perusahaan lebih besar public relation level pemula umumnya digaji dengan nominal lebih dari UMR. Setelah 5 – 10 tahun, seorang senior public relation bahkan bisa menerima Rp15 juta sampai Rp80 juta per bulan.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu public relationjob desk public relation, hingga beberapa skill yang harus Anda perhatikan. Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan memerlukan public relation untuk menjalin komunikasi dengan pihak luar.

Sekian dan terima kasih
Ade Permana


Referensi dan Dosen Pengampu : 

Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...