Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas seputar apa itu public relation dan skill wajib yang dimiliki seorang PR. penasaran? baca selengkapnya!
Posisi public relation masih menjadi
incaran para lulusan baru sampai saat ini. Hal ini juga diperkuat dengan
kebutuhan public relation di setiap perusahaan. Tapi, apakah
Anda sudah mengetahui job desk public relation?
Job desk public relation tidak
hanya sebatas menjadi wajah perusahaan untuk pihak luar saja. Lebih dari itu,
tugas public relation antara lain juga menjadi komunikator dan
negosiator andal untuk mencapai tujuan perusahaan.
Ingin merekrut seorang public relation tapi
belum paham betul rincian job desk-nya? Simak bahasan tentang
tugas public relation, skill, dan informasi gajinya
berikut ini.
Apa Itu Public Relation?
Pada praktiknya, pekerjaan public relation bukanlah
pekerjaan untuk satu orang saja. Melainkan lebih dari satu orang yang bertugas
untuk mengurus segala keperluan yang berkaitan dengan hubungan antara
perusahaan dengan pihak lainnya.
Mengapa perusahaan membutuhkan seorang public
relation? Tujuannya adalah untuk menjalin kerjasama, meminimalisir
konflik yang mungkin terjadi, hingga menjaga nama baik perusahaan.
Peran utama dari seorang public relation adalah
untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat dan memahami apa yang harus
diberikan perusahaan kepada masyarakat.
Job desk public relation yang
utama adalah sebagai jembatan antara perusahaan dan masyarakat secara luas. Hal
ini bisa dilakukan secara face to face, siaran pers, hingga media
sosial. Dengan melakukan semua upaya ini, harapannya public relation dapat
meningkatkan reputasi perusahaan di mata stakeholder eksternal.
Job Desk Public Relation
Selama ini, banyak orang mengira job desk public
relation sama seperti humas. Padahal, keduanya berbeda baik dari tugas
maupun tanggung jawab.
Umumnya, tugas humas terbatas pada menjalin hubungan dengan
masyarakat di sekitar perusahaan. Tanggung jawabnya pun dianggap tuntas jika
masyarakat sekitar dapat menerima perusahaan dengan baik.
Sementara itu, job desk public
relation jauh lebih banyak dan rumit daripada itu. Selengkapnya
tentang tugas public relation adalah sebagai berikut:
- Menjadi
jembatan komunikasi antara perusahaan dengan pihak luar (masyarakat,
media, dan pihak-pihak lainnya)
- Merancang
dan membuat press release
- Menyiapkan
pernyataan atau pidato yang akan disampaikan oleh juru bicara perusahaan
atau audio visual terkait pernyataan tersebut
- Melakukan
pengawasan terhadap aktivitas kompetitor bisnis
- Membangun
identitas brand perusahaan dan kesadaran masyarakat
tentang perusahaan
- Mengatur
reputasi perusahaan dengan membuat berbagai macam program. Seperti
manajemen krisis hingga melakukan riset terkait pandangan publik kepada
perusahaan
- Membuat,
mengatur, dan mengelola event perusahaan terkait
peluncuran produk atau acara lainnya
- Memperbarui
dan memonitor konten atau aktivitas pada platform yang
digunakan perusahaan. Baik media sosial, website, atau email
- Melakukan
pengembangan strategi komunikasi untuk meningkatkan mutu perusahaan
- Melakukan
evaluasi dan perencanaan strategi hubungan perusahaan dengan masyarakat
- Melakukan
riset atau memberikan ide terkait strategi kemajuan dan pengembangan
perusahaan
- Mempresentasikan
dan menjaga citra perusahaan di mata masyarakat
- Membagikan
informasi terkait perusahaan kepada pihak luar
- Menyusun
program untuk iklan dan promosi produk perusahaan
- Menetapkan,
mengawasi, dan meninjau kegiatan humas
Setelah Anda mengetahui job desk public
relation di sebuah perusahaan, Anda harus lebih selektif lagi dalam
memilih kandidat. Pastikan kandidat yang Anda pilih memiliki beberapa skill yang
dibutuhkan, seperti:
- Jurnalistik
atau kemampuan menulis untuk membuat press release atau
pidato
- Memiliki
komunikasi verbal yang bagus untuk menyampaikan informasi dan juga
meyakinkan ke pihak luar dan pihak internal
- Mampu
menggiring opini publik sehingga bisa menciptakan persepsi yang baik dan
positif
- Mampu
menggaet sponsor atau investor baru untuk menentukan arah perusahaan
- Memiliki
pengetahuan manajemen publik
- Memiliki
kemampuan untuk menggunakan teknologi terkini
- Memiliki
kemampuan interpersonal
Selain itu, untuk dapat menyelesaikan tugas yang diberikan,
kandidat yang Anda pilih juga harus memenuhi latar belakang mumpuni, misalnya:
- Punya
latar belakang pendidikan mendukung (semisal dari Komunikasi, Manajemen
Bisnis, Hubungan Internasional, dan sebagainya)
- Aktif
berorganisasi/melakukan hal-hal berkaitan negosiasi dengan orang
lain/khalayak ramai
- Terbukti
punya portofolio di bidang public speaking
- Menguasai
lebih dari satu bahasa makin baik
- dan
sebagainya.
Faktanya, public relation adalah salah satu
profesi paling menjanjikan di Indonesia, baik secara gaji maupun jenjang karir.
Di perusahaan kecil atau startup, seorang public relation level fresh
graduate mungkin akan menerima gaji UMR.
Akan tetapi, di perusahaan lebih besar public
relation level pemula umumnya digaji dengan nominal lebih dari
UMR. Setelah 5 – 10 tahun, seorang senior public relation bahkan
bisa menerima Rp15 juta sampai Rp80 juta per bulan.
Demikianlah penjelasan mengenai apa itu public relation, job desk public relation, hingga beberapa skill yang harus Anda perhatikan. Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan memerlukan public relation untuk menjalin komunikasi dengan pihak luar.
Komentar
Posting Komentar