Integrated Marketing Communication : Komunikasi Persuasive Sebagai Media Bagi IMC dan Keterkaitan dengan Human Relation
Hallo Blogger,
Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas mengenai Komunikasi Persuasive sebagai Media bagi Integrated Marketing Communication dan keterkaitan dengan Human Relation, Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.
Komunikasi Persuasif
Proses komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang baik secara verbal maupun non verbal. secara umum tujuan komunikasi persuasif adalah perubahan sikap dari komunikan atau dari orang yang menerima pesan tersebut.
Kenapa Perlu Teknik Hubungan dengan manusia (Human Relation) dengan Konsep IMC?
IMC adalah pendekatan strategis yang mengoordinasikan berbagai saluran dan alat komunikasi pemasaran untuk menyampaikan pesan merek yang konsisten kepada audiens sasaran. sedangkan Human Relation adalah interaksi antara seseorang dengan orang lain baik dalam situasi kerja atau dalam organisasi kekaryaan. setiap harinya mau tidak mau pegawai yang satu dengan pegawai yang lain harus bertemu dan berinteraksi untuk mencapai tujuan organisasi yang sama.
Human Relation
Semakin mendapat perhatian para pimpinan dalam organisasi apapun, karena semakin dirasakan pentingnya memecahkan berbagai masalah menyangkut manusia dalam manajemen.
Davis dalam Oemi Abdurrachman mengemukakan, yang menjadi dasar Falsafah Human Relation adalah sebagai berikut :
A. Mutual Interest (Kepentingan Bersama)
Antara yang memimpin dan yang dipimpin dan antara orang-orang yang dipimpin sendiri (pegawai) harus ada "mutual interest" atau kepentingan bersama.
B. Perbedaan-perbedaan pada individu
Tiap individu berbeda dari individu lainnya dan perbedaan-perbedaan yang ada pada tiap orang merupakan hal yang penting sekali didalam kehidupan manusia.
C. Human Dignity (Harga Diri)
"Human Dignity" merupakan suatu etika dan dasar moral bagi human relation, hasil penyelidikan mengenai "personal wants", telah menunjukkan, bahwa setiap manusia ingin diperlakukan dengan respect, dengan dignity (Waardigheid), ingin diperlakukan sebagai "human being" (manusia). ini disebabkan karena manusia memiliki harga diri.
Dari segi ilmu komunikasi, human relation termasuk kedalam komunikasi antar personal (interpersonal communication) sebab berlangsung antara dua orang secara dialogis dan sifatnya action oriented, mengandung kegiatan mengubah sikap, pendapatm atau perilaku seseorang. Human Relation merupakan komunikasi persuasive yang dilakukan seseorang kepada orang lain secara tatap muka sehingga menimbulkan kebahagiaan dan kepuasan diri.
Persuasif itu sendiri adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau mempengaruhi kepercayaan, sikap dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.
Istilah Persuasi (Persuasion) berasal dari perkataan latin persuasio, kata kerjanya adalah Persuadere yang berarti membujuk, mengajak atau merayu. sikap individu/kelompok yang hendak dipengaruhi ada tiga komponen :
1. Kognitif, perilaku dimana individu mencapai tingkat "tahu" pada objek yang diperkenalkan.
2. Afektif, perilaku dimana individu mempunyai kecendrungan untuk suka atau tidak suka pada objek.
3. Konatif/Behavioral, perilaku yang sudah sampai tahap hingga individu melakukan sesuatu (perbuatan) terhadap objek.
Tujuan IMC :
- Menyampaikan pesan yang konsisten di berbagai saluran.
- Meningkatkan efektivitas kampanya pemasaran.
- Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
- Menghemat biaya melalui sinergi antar saluran komunikasi.
Komunikasi Koersif
Adalah perubahan opini, sikap, dan perilaku terjadi dengan perasaan terpaksa dan tidak senang karena adanya ancaman dari komunikator. efek dari teknik koersif ini bisa berdampak timbulnya rasa tidak senang, rasa benci, bahkan mungkin rasa dendam. sedangkan efek dari komunikasi persuasif adalah kesadaran, kerelaan, dan perasaan senang.
Ade Permana
Komentar
Posting Komentar