Langsung ke konten utama

Integrated Marketing Communication : Komunikasi Persuasive Sebagai Media Bagi IMC dan Keterkaitan dengan Human Relation

Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas mengenai Komunikasi Persuasive sebagai Media bagi Integrated Marketing Communication dan keterkaitan dengan Human Relation, Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.



Komunikasi Persuasif

Proses komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang baik secara verbal maupun non verbal. secara umum tujuan komunikasi persuasif adalah perubahan sikap dari komunikan atau dari orang yang menerima pesan tersebut.


Kenapa Perlu Teknik Hubungan dengan manusia (Human Relation) dengan Konsep IMC?

IMC adalah pendekatan strategis yang mengoordinasikan berbagai saluran dan alat komunikasi pemasaran untuk menyampaikan pesan merek yang konsisten kepada audiens sasaran. sedangkan Human Relation adalah interaksi antara seseorang dengan orang lain baik dalam situasi kerja atau dalam organisasi kekaryaan. setiap harinya mau tidak mau pegawai yang satu dengan pegawai yang lain harus bertemu dan berinteraksi untuk mencapai tujuan organisasi yang sama.

Human Relation 

Semakin mendapat perhatian para pimpinan dalam organisasi apapun, karena semakin dirasakan pentingnya memecahkan berbagai masalah menyangkut manusia dalam manajemen.


Davis dalam Oemi Abdurrachman mengemukakan, yang menjadi dasar Falsafah Human Relation adalah sebagai berikut :

A. Mutual Interest (Kepentingan Bersama)

Antara yang memimpin dan yang dipimpin dan antara orang-orang yang dipimpin sendiri (pegawai) harus ada "mutual interest" atau kepentingan bersama.

B. Perbedaan-perbedaan pada individu

Tiap individu berbeda dari individu lainnya dan perbedaan-perbedaan yang ada pada tiap orang merupakan hal yang penting sekali didalam kehidupan manusia.

C. Human Dignity (Harga Diri)

"Human Dignity" merupakan suatu etika dan dasar moral bagi human relation, hasil penyelidikan mengenai "personal wants", telah menunjukkan, bahwa setiap manusia ingin diperlakukan dengan respect, dengan dignity (Waardigheid), ingin diperlakukan sebagai "human being" (manusia). ini disebabkan karena manusia memiliki harga diri.

Dari segi ilmu komunikasi, human relation termasuk kedalam komunikasi antar personal (interpersonal communication) sebab berlangsung antara dua orang secara dialogis dan sifatnya action oriented, mengandung kegiatan mengubah sikap, pendapatm atau perilaku seseorang. Human Relation merupakan komunikasi persuasive yang dilakukan seseorang kepada orang lain secara tatap muka sehingga menimbulkan kebahagiaan dan kepuasan diri.

Persuasif itu sendiri adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau mempengaruhi kepercayaan, sikap dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.

Istilah Persuasi (Persuasion) berasal dari perkataan latin persuasio, kata kerjanya adalah Persuadere yang berarti membujuk, mengajak atau merayu. sikap individu/kelompok yang hendak dipengaruhi ada tiga komponen :

1. Kognitif, perilaku dimana individu mencapai tingkat "tahu" pada objek yang diperkenalkan.

2. Afektif, perilaku dimana individu mempunyai kecendrungan untuk suka atau tidak suka pada objek.

3. Konatif/Behavioral, perilaku yang sudah sampai tahap hingga individu melakukan sesuatu (perbuatan) terhadap objek.

Tujuan IMC :

  1. Menyampaikan pesan yang konsisten di berbagai saluran.
  2. Meningkatkan efektivitas kampanya pemasaran.
  3. Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
  4. Menghemat biaya melalui sinergi antar saluran komunikasi.

Komunikasi Koersif

Adalah perubahan opini, sikap, dan perilaku terjadi dengan perasaan terpaksa dan tidak senang karena adanya ancaman dari komunikator. efek dari teknik koersif ini bisa berdampak timbulnya rasa tidak senang, rasa benci, bahkan mungkin rasa dendam. sedangkan efek dari komunikasi persuasif adalah kesadaran, kerelaan, dan perasaan senang.

Demikianlah pembahasan kita mengenai hubungan antara Integrated Marketing Communication dengan Human Relation semoga dapat menambah wawasan kita. sampai bertemu di blog-blog selanjutnya.

Sekian dan terima kasih

Ade Permana

Dosen Pengampu : 
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Sumber :

Materi pembelajaran oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...