Langsung ke konten utama

Integrated Marketing Communication : Peran Agen Komunikasi Pemasaran

Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas mengenai Peran Agen Komunikasi Pemasaran dalam Integrated Marketing Communication. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.


Agen komunikasi (atau agen perubahan) memainkan berbagai peran penting, termasuk sebagai penghubung antara berbagai pihak, pemberi solusi, dan juga sebagai pemecah sumbatan komunikasi. Mereka membantu organisasi dalam menyampaikan pesan, mengelola reputasi, dan mendorong perubahan positif. Agen komunikasi pemasaran berperan penting dalam mengomunikasikan pesan pemasaran kepada target audiens melalui berbagai saluran. Peran mereka mencakup menyusun strategi komunikasi, membuat materi promosi, mengelola media sosial, dan menjalin hubungan dengan media. Agen ini juga membantu dalam membangun citra merek dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan.


Peran Agen Komunikasi Pemasaran

Peluncuran Produk

Peluncuran produk dalam komunikasi pemasaran adalah proses memperkenalkan produk baru ke pasar melalui berbagai aktivitas komunikasi yang terencana. Tujuannya adalah menciptakan kesadaran, antusiasme, dan minat terhadap produk baru di kalangan audiens target. Peluncuran produk dalam komunikasi pemasaran adalah proses memperkenalkan produk baru ke pasar melalui berbagai aktivitas komunikasi yang terencana. Tujuannya adalah menciptakan kesadaran, antusiasme, dan minat terhadap produk baru di kalangan audiens target. Peluncuran produk melibatkan perencanaan, riset pasar, dan strategi pemasaran yang matang. 

Produk

Produk (product) adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi, yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Ini dapat berupa barang fisik, jasa, pengalaman, atau bahkan ide. 

Tenaga Penjual

Tenaga penjual adalah seseorang atau beberapa orang yang bertugas untuk menjual dan menawarkan produk atau jasa kepada konsumen. Mereka bertanggung jawab untuk mencari dan mengidentifikasi calon pelanggan, mempromosikan produk atau jasa, dan melakukan transaksi penjualan. Tanggung jawab utama tenaga penjual adalah menjual produk atau layanan kepada pelanggan dengan tujuan mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. selain itu seorang tenaga penjual juga harus dapat menjelaskan product knowledge atau pemahaman mendalam tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Publisitas Peluncuran

Publisitas peluncuran adalah strategi yang digunakan untuk menciptakan perhatian media dan publik terhadap suatu produk, layanan, atau acara baru yang baru saja diluncurkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran publik dan membangun minat terhadap apa yang baru diluncurkan. Ini sering melibatkan kegiatan seperti mengirimkan press release, menggunakan media sosial, product placement, dan kolaborasi dengan brand lain. 

Jalur Penjualan

Jalur penjualan (sales pipeline) adalah representasi visual dari proses penjualan, yang menunjukkan bagaimana calon pelanggan bergerak menuju menjadi pelanggan. Ini adalah serangkaian langkah yang diikuti oleh tim penjualan untuk mengidentifikasi, menjangkau, dan menutup kesepakatan dengan prospek.

Demikianlah pembahasan kita tentang Peran Agen Komunikasi Pemasaran semoga dapat menambah wawasan kita. sampai bertemu di blog-blog selanjutnya.

Sekian dan terima kasih

Ade Permana

Dosen Pengampu : 
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

https://www.opaper.app/blog/apa-itu-publisitas-pengertian-jenis-dan-tujuannya#:~:text=Publisitas%20ini%20berkaitan%20dengan%20acara,Contoh: https://dealls.com/pengembangan-karir/product-knowledge-adalah

https://www.esaunggul.ac.id/komunikasi-pemasaran-sebagai-strategi-memperluas-pasar/#:~:text=Komunikasi%20pemasaran%20mempunyai%20peran%20yang,produk/jasa%20yang%20dihasilkan%20perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...