Hallo Blogger,
Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas IMC mengenai Promotion Mix. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.
Promotion Mix
Bauran promosi (promotion mix) adalah kombinasi
strategi komunikasi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan
promosi dan penjualan. Ini mencakup berbagai elemen seperti iklan,
penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.
Marketing Mix
Dalam marketing atau promotion mix ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. salah satu komponen, promotion, terdiri dari 5 kegiatan :
- Advertising
- Sales Promotion
- Personal Selling
- Direct Marketing
- Public Relation
Yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan customer value secara persuasif & membangun hubungan dengan konsumen.
Advertising
- Iklan broadcast
- Iklan cetak
- Internet
- Mobile
- dll
Sales Promotion
- Diskon
- Kupon
- Display
- Demonstrasi
Personal Selling
- Sales presentasi
- Trade show
- Incentive programs
Direct Marketing
- Katalog
- Direct-response TV
- Kios
- Internet
- Mobile marketing
- dll
Public Relation
- Press release
- Event
- Sponsorship
- Web page
Akan tetapi, sebenarnya komponen marketing mix lainnya (desain product, price, packaging, toko yang menjualnya) harus juga bisa mengkomunikasikan produk pada konsumen. karena semua komponen marketing mix, mulai dari Produce, Price, Place, Promotion harus terkordinasi.
Sekian dan terima kasih
Ade Permana
Dosen Pengampu :
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI
Referensi :
Materi Pembelajaran oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI
Komentar
Posting Komentar