Langsung ke konten utama

Integrated Marketing Communication : Marketing Public Relation

 Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas IMC mengenai Marketing Public Relation. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.



Integrated Marketing Communication

adalah Komunikasi Pemasaran Terpadu, IMC adalah sebuah konsep pemasaran yang mengintegrasikan berbagai jenis komunikasi pemasaran, seperti iklan, promosi penjualan, publistas, hubungan masyarakat, dan penjualan langsung, untuk menyampaikan pesan yang konsisten dan koheren kepada target pasar.

Tujuan IMC

Tujuan utama dari IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif dan konatif. Terutama pada perusahaan yang tengah memasarkan produk atau jasanya kepada pihak konsumen, IMC atau Integrated Marketing Communication ini sangat penting untuk dilakukan sebab beberapa hal berikut.

  1. IMC bertujuan untuk menyampaikan pesan yang konsisten berkaitan dengan produk atau jasa kepada khalayak ramai. Atas kekonsistenan tersebut, calon konsumen akan benar-benar mendapatkan dan memahami pesan yang berkaitan dengan produk atau jasa tersebut.
  2. Strategi IMC juga dapat berperan untuk menjaga pesan dan tujuan yang jelas dalam sebuah bisnis, sebab dilakukan secara konsisten.
  3. IMC dilakukan untuk menciptakan pengalaman pelanggan. Maksudnya adalah, melalui strategi IMC ini nantinya para pelanggan dapat turut berkontribusi dalam menentukan bagaimana pesan bisnis tersampaikan, sehingga tentu saja hasilnya akan positif.
  4. IMC dapat berguna untuk membangun pencitraan dari suatu merk. Terutama pada ciri khas, logo, hingga konten yang nantinya akan memaksimalkan penyampaian pesan kepada pelanggan.


Public Relation

Public Relations (PR) adalah upaya perusahaan untuk memelihara hubungan yang positif dan saling menguntungkan dengan berbagai pemangku kepentingan seperti media, karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Biasanya PR merupakan divisi atau departemen tersendiri dari sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang sudah besar dan membutuhkan banyak sumber daya dalam menjalin relasi dengan publik. 

Tujuan PR

Tujuan dari PR adalah untuk membangun citra positif perusahaan atau organisasi di mata publik, serta menjaga dan meningkatkan hubungan baik antara perusahaan atau organisasi dengan pemangku kepentingan, seperti pelanggan, investor, media, pemerintah, dan masyarakat umum.

Marketing Public Relation

sebagai suatu proses perencanaan dan pengevaluasian program-program yang memungkinkan terjadinya pembelian dan pemuasan konsumen melalui komunikasi yang baik mengenai informasi dari perusahaan terhadap citra merek (Brand Image) terhadap suatu produk tertentu.

                                "Selling is Marketing but Marketing is not Selling"

Konsep Pemasaran
Orientasi manajemen yang menekankan kunci pencapaian tujuan organisasi, terdiri dari :
  • Kemampuan organisasi yang menentukan kebutuhan dan keinginan pasar yang dituju
  • Kemampuan organisasi dalam memenuhinya dnegan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaing.
Pemasaran dapat dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan selanjutnya mengorganisir kebutuhan operasi perusahaan untuk memuaskan kebutuhan tersebut dengan cara yang menguntungkan.

Pemasaran harus mengandung 3 dasar pokok yaitu :
  • Perencanaan dan operasinya berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan atau konsumen
  • Semua aktivitas pemasaran dilakukan secara terpadu (integrated marketing)
  • Tujuan akhirnya adalah memenuhi atau mencapai tujuan  perusahaan dan berusaha memberikan kepuasan semaksimal mungkin pada pelanggan.

Kesimpulannya hubungan antara Integrated Marketing Communication (IMC) dan Public Relations (PR) sangat erat. IMC adalah strategi yang menggabungkan berbagai komponen pemasaran untuk menyampaikan pesan yang konsisten dan terpadu kepada audiens, sedangkan PR adalah fungsi manajemen yang berfokus pada membangun dan menjaga reputasi serta hubungan baik antara organisasi dengan publiknya. PR merupakan bagian penting dari IMC karena membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas merek, serta dapat memberikan dampak positif pada citra perusahaan melalui berbagai aktivitas komunikasi publik.

Sekian dan terima kasih

Ade Permana

Dosen Pengampu : 
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Referensi :
Materi Pembelajaran oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...