Hallo Blogger,
Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas IMC mengenai Marketing Public Relation. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.
Tujuan IMC
Tujuan utama dari IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif dan konatif. Terutama pada perusahaan yang tengah memasarkan produk atau
jasanya kepada pihak konsumen, IMC atau Integrated Marketing
Communication ini sangat penting untuk dilakukan sebab beberapa hal
berikut.
- IMC
bertujuan untuk menyampaikan pesan yang konsisten berkaitan dengan produk
atau jasa kepada khalayak ramai. Atas kekonsistenan tersebut, calon
konsumen akan benar-benar mendapatkan dan memahami pesan yang berkaitan
dengan produk atau jasa tersebut.
- Strategi
IMC juga dapat berperan untuk menjaga pesan dan tujuan yang jelas dalam
sebuah bisnis, sebab dilakukan secara konsisten.
- IMC
dilakukan untuk menciptakan pengalaman pelanggan. Maksudnya adalah,
melalui strategi IMC ini nantinya para pelanggan dapat turut berkontribusi
dalam menentukan bagaimana pesan bisnis tersampaikan, sehingga tentu saja
hasilnya akan positif.
- IMC
dapat berguna untuk membangun pencitraan dari suatu merk. Terutama pada
ciri khas, logo, hingga konten yang nantinya akan memaksimalkan
penyampaian pesan kepada pelanggan.
- Kemampuan organisasi yang menentukan kebutuhan dan keinginan pasar yang dituju
- Kemampuan organisasi dalam memenuhinya dnegan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaing.
- Perencanaan dan operasinya berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan atau konsumen
- Semua aktivitas pemasaran dilakukan secara terpadu (integrated marketing)
- Tujuan akhirnya adalah memenuhi atau mencapai tujuan perusahaan dan berusaha memberikan kepuasan semaksimal mungkin pada pelanggan.
Kesimpulannya hubungan antara Integrated Marketing Communication (IMC) dan
Public Relations (PR) sangat erat. IMC adalah strategi yang menggabungkan
berbagai komponen pemasaran untuk menyampaikan pesan yang konsisten dan terpadu
kepada audiens, sedangkan PR adalah fungsi manajemen yang berfokus pada
membangun dan menjaga reputasi serta hubungan baik antara organisasi dengan
publiknya. PR merupakan bagian penting dari IMC karena membantu membangun
kepercayaan dan kredibilitas merek, serta dapat memberikan dampak positif pada
citra perusahaan melalui berbagai aktivitas komunikasi publik.
Ade Permana
Komentar
Posting Komentar