Hallo Blogger,
Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas IMC mengenai Marketing Communication. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.
Marketing Communication
Marketing communication atau yang sering disingkat sebagai
marcom adalah kegiatan pemasaran yang berfokus pada komunikasi antara produsen
dan konsumen. Marcom bertujuan untuk membangun citra merek, meningkatkan
kesadaran konsumen, serta mempengaruhi konsumen agar memilih produk atau
layanan yang ditawarkan oleh produsen.
Melalui kegiatan seperti iklan, produsen dapat menjangkau
konsumen secara masif dan memberikan pesan yang jelas tentang produk atau
layanan yang ditawarkan. Sedangkan promosi, sponsor, dan event menjadi kegiatan
yang efektif dalam membangun kesadaran konsumen serta meningkatkan loyalitas
konsumen terhadap merek.
Selain itu, public relations juga menjadi bagian penting
dari marcom, dimana perusahaan menjaga hubungan yang baik dengan media dan
masyarakat, sehingga dapat membantu membangun citra positif merek dan
meningkatkan kepercayaan konsumen.
1. Konsumen
Konsumen sekarang lebih terinfrmasi, lebih berdaya sebelum membeli produk, konsumen akan mencari informasi terlebih dahulu dengan menggunakan internet, lalu kemudian membandingkan harga di e-commerce, dll
2. Strageti Marketing
- Menyasar marketnya saja dan sudah terkotak-kotak, bukan massal
- Seorang marketer akan membuat strategi/program yang paling relevan untuk masing-masing marketnya
- Tiap platfoam mempunyai karakter audiens yang berbeda-beda (ex: pengguna IG memiliki karakter yang berbeda dengan pengguna FB dst)
- Strategi/program yang dibuat, didesain agar bisa lebih dekat dengan konsumen (target marketnya)
- Era digitalisasi membuat perusahaan memikirkan cara baru untuk berkomunikasi dengan konsumennya, misalnya menggunakan perangkat-perangkat teknologi terbaru seperti smartphone.
- Media tradisional (koran, TV, majalah, dll) masih cukup penting namun dominasinya mulai menurun
- Dengan tidak relevannya mass marketing, advertiser memilih untuk memakai media-media yang lebih variatif, specialized, dan highly targeted. dengan menampilkan pesan-pesan yang lebih personalized dan interaktif
Kesimpulannya, marcom sangat penting dalam dunia pemasaran
dan keberlangsungan perusahaan karena dapat membantu membangun citra merek yang
baik di mata konsumen. Untuk menjadi seorang marketing communication yang
sukses, dibutuhkan kemampuan kreatif, komunikatif, analitis, serta pengetahuan
tentang pasar dan perilaku konsumen. Jurusan Ilmu Komunikasi, Public Relations,
atau Marketing Communication dapat menjadi pilihan bagi mereka yang tertarik
untuk menekuni bidang ini.
Ade Permana
Komentar
Posting Komentar