Langsung ke konten utama

Integrated Marketing Communication : Marketing Communication

 Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas IMC mengenai Marketing Communication. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.



Marketing Communication

Marketing communication atau yang sering disingkat sebagai marcom adalah kegiatan pemasaran yang berfokus pada komunikasi antara produsen dan konsumen. Marcom bertujuan untuk membangun citra merek, meningkatkan kesadaran konsumen, serta mempengaruhi konsumen agar memilih produk atau layanan yang ditawarkan oleh produsen.

Melalui kegiatan seperti iklan, produsen dapat menjangkau konsumen secara masif dan memberikan pesan yang jelas tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Sedangkan promosi, sponsor, dan event menjadi kegiatan yang efektif dalam membangun kesadaran konsumen serta meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek. 

Selain itu, public relations juga menjadi bagian penting dari marcom, dimana perusahaan menjaga hubungan yang baik dengan media dan masyarakat, sehingga dapat membantu membangun citra positif merek dan meningkatkan kepercayaan konsumen.




Karakteristik Digital Marketing


Apa saja yang membedakan era digital marketing dengan pemasaran tradisional?

1. Konsumen

Konsumen sekarang lebih terinfrmasi, lebih berdaya sebelum membeli produk, konsumen akan mencari informasi terlebih dahulu dengan menggunakan internet, lalu kemudian membandingkan harga di e-commerce, dll

2. Strageti Marketing

  • Menyasar marketnya saja dan sudah terkotak-kotak, bukan massal
  • Seorang marketer akan membuat strategi/program yang paling relevan untuk masing-masing marketnya
  • Tiap platfoam mempunyai karakter audiens yang berbeda-beda (ex: pengguna IG memiliki karakter yang berbeda dengan pengguna FB dst)
  • Strategi/program yang dibuat, didesain agar bisa lebih dekat dengan konsumen (target marketnya)
3. Teknologi Komunikasi
  • Era digitalisasi membuat perusahaan memikirkan cara baru untuk berkomunikasi dengan konsumennya, misalnya menggunakan perangkat-perangkat teknologi terbaru seperti smartphone.
  • Media tradisional (koran, TV, majalah, dll) masih cukup penting namun dominasinya mulai menurun
  • Dengan tidak relevannya mass marketing, advertiser memilih untuk memakai media-media yang lebih variatif, specialized, dan highly targeted. dengan menampilkan pesan-pesan yang lebih personalized dan interaktif

Kesimpulannya, marcom sangat penting dalam dunia pemasaran dan keberlangsungan perusahaan karena dapat membantu membangun citra merek yang baik di mata konsumen. Untuk menjadi seorang marketing communication yang sukses, dibutuhkan kemampuan kreatif, komunikatif, analitis, serta pengetahuan tentang pasar dan perilaku konsumen. Jurusan Ilmu Komunikasi, Public Relations, atau Marketing Communication dapat menjadi pilihan bagi mereka yang tertarik untuk menekuni bidang ini.

Sekian dan terima kasih

Ade Permana

Dosen Pengampu : 
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Referensi :
Materi Pembelajaran oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...