Hallo Blogger,
Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation Writing mengenai Proposal Sponsor dalam suatu acara. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.
- Pendahuluan (sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, dan lembar pengesahan).
- Isi proposal (latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, susunan panitia, waktu, dan biaya).
- Data pelengkap proposal (lampiran, tabel, daftar pustaka, dan lain-lain)
Sebagai sponsor, Blibli.com mendukung Indonesia Open 2019
dengan memberikan sejumlah dana yang dibutuhkan untuk mendukung berlangsungnya
turnamen tersebut. Mulai dari dana untuk orang-orang yang bekerja selama
turnamen sampai dengan hadiah dari turnamen tersebut.
Sesuatu yang bersifat komersial pastinya harus memberikan
keuntungan untuk dua belah pihak. Berikut ada manfaat dengan menerapkan sponsor
itu apa sebagai kegiatan komersial:
- Meningkatkan
brand awareness
Brand awareness merupakan tahap awal yang penting supaya perusahaan atau merek yang dijual dikenal lebih banyak orang. Dengan menjadi sponsor dalam sebuah kegiatan, secara otomatis membuat orang yang awalnya tidak mengenal sebuah merek, menjadi sadar akan keberadaan merek tersebut. Hal itu disebabkan karena logo brand tersebut terpampang luas di setiap sudut acara tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung membuat orang yang menghadiri acara tersebut melihat logo brand dan perlahan-lahan mulai aware dengan brand tersebut. - Memperluas
jangkauan terhadap konsumen potensial
Dengan meningkatnya brand awareness brand tersebut di khayalak ramai, lantas orang-orang mulai penasaran dan mencari tahu barang apa yang dijual oleh brand tersebut. Mereka akan mulai berkunjung ke toko brand tersebut baik secara online maupun offline. Perlahan-lahan, mereka mengenal apa yang dijual brand tersebut.
Di dunia yang serba online, tidak sulit bagi orang untuk mencari tahu barang yang dijual sebuah brand. Mereka hanya perlu membuka ponsel mereka dan mulai mencari tahu lewat Google dan Instagram. Jadi semakin banyak orang yang melihat dan aware dengan brand sebuah perusahaan, maka semakin tinggi pula perusahaan tersebut mendapat konsumen berikutnya. - Meningkatkan
penjualan
Setelah mencari tahu dan melihat-lihat barang yang dijual oleh sebuah brand, mereka akan mulai membeli barang tersebut. Tentu saja, brand tersebut harus memiliki strategi marketing yang bagus sehingga dapat meyakinkan calon konsumen yang awalnya hanya ingin melihat-lihat, jadi mau membeli barang tersebut.
Sponsor kegiatan sosial adalah sponsor yang dilakukan oleh
individu atau perusahaan dengan tujuan membantu sesama. Berbeda dengan sponsor
komersial, di dalam sponsor kegiatan sosial tidak ada keuntungan yang
diinginkan oleh sponsor. Karena sifatnya sosial, sponsor kegiatan sosial ini
murni digunakan agar kegiatan dari organisasi sosial dapat berjalan dengan
lancar sehingga dapat membantu orang-orang yang membutuhkan.
Seiring berkembangnya banyak organisasi sosial, ada berbagai macam pula untuk menjalankan konsep sponsor itu apa untuk kegiatan sosial. Salah satu yang biasa dilakukan perusahaan adalah lewat Corporate Social Responsibility (“CSR”). CSR memang sedang marak digalangkan oleh perusahaan-perusahaan besar, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada lingkungan. Dana CSR biasanya dilakukan untuk membantu organisasi sosial. Biasanya kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan berhubungan dengan bidang usaha perusahaan itu sendiri. Contohnya upaya menanam 1 miliyar pohon yang dilakukan oleh Aqua Group di daerah aliran sungai.
Ade Permana
Komentar
Posting Komentar