Hallo Blogger,
Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Speaking mengenai Peran moderator dan alat bantu dalam suatu acara. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.
Latar Belakang
M o d e r a t o r - m o d e r a t o r i n i b i a s a n y a m e m i l i k i l a t a r b
e l a k a n g s e b a g a i j u r n a l i s a t a u p u n m e m p u n y a i l a t a r belakang a k a d e m i k y a n g b a i k b i a s a n y a d
e n g a n l
u l u s a n k o m u n i k a s i , p s i k o l o g i , s o s i a l M
e r e k a b i a s a m e n j a d i m
o d e r a t o r
d i a c a r a d e b a t d a l a m f o r u m , a c a r a d e b a t t e l e v i s i , m a u p u n a c a r a
d e
b a t k e n e g a r a a n .
Pengertian Moderator
Seorang moderator mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memandu pertukaran gagasan antar anggota di dalam forum-forum, misalnya seperti dalam kegiatan debat, diskusi, musyawarah, meeting, gelar wicara, dan berbagai macam kegiatan serupa yang lainnya.
Tugas Moderator
Ssebagai seoarang moderator perlombaan, ada beberapa tugas utama yang harus dilakukan untuk memastikan kelancaran acara. berikut adalah lima tugas dasar dari moderator :
1. Mengatur dan mengawasi jalannya acara sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan
2. Memperkenalkan diri dan menjelaskan alur acara
3. Menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi seluruh tamu undangan yang hadir
4. Mengelola waktu dengan baik agar setiap pembicara memiliki kesempatan untuk menyampaikan materinya
5. Memastikan semua peserta mematuhi aturan dan etika dalam berinteraksi
Tips Moderator Lomba
Untuk menciptakan suasana perlombaan menjadi lebih efektif dan hidup, ada beberapa tips yang harus dilakukan bagi seorang moderator
1. Persiapkan diri dengan baik sebelum acara dimulai, termasuk memahami alur perlombaan dan mengenal latarbelakang dewan juri
2. Berlatih berbicara dengan jelas dan lugas agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh peserta
3. Gunakanlah bahasa tubuh yang positif dan ramah untuk membangun hubungan yang baik dengan peserta
4. Tetap tenang dan fleksibel dalam menghadapi situasi yang mungkin timbul selama acara
5. Berikan kesempatan yang cukup bagi peserta untuk berpartisipasi dalam diskusi
6. Evaluasi kinerja setelah acara selesai untuk meningkatkan kemampuan menjadi moderator di kesempatan berikutnya
Tata Cara Presentasi yang Baik
1. Menguasai audiens
hal yang paling utama agar presentasi berjalan dengan baik yaitu dengan kemampuan kita dalam menguasai audiens, buat audiens tetap fokus terhadap materi yang sedang kita bawakan
2. Melatih kemampuan berbicara dan penyampaian menggunakan bahasa tubuh
ketika seseorang mempresentasikan materi harus dengan bahasa yang mudah dipahami serta menggunakan gesture tubuh untuk menarik audiens agar lebih memperhatikan dengan materi yang sedang disampaikan
3. Hindari berbicara sambil melihat slide
Tingkat profesionalitas seorang presentator dilihat dari bagaimana mereka bisa berbicara serta melakukan kontak mata dengan audiens
4. Mempersiapkan materi secara matang
Materi menjadi salah satu faktor penentu kita dalam presentasi, materi yang kita bawakan akan berdampak kepada respon dan perhatian audiens. materi yang bagus, akan menarik audiens agar tetap memperhatikan saat kita melakukan presentasi
Alat bantu dalam presentasi
alat bantu presentasi adalah sumber daya diluar kata-kata dan penyampaian yang digunakan pembicara untuk meningkatakan pesan yang disampaikan kepada audiens.
Alat bantu fisik, merupakan alat bantu yang dapat dibawa, dipegang oleh seorang komunikator, contoh : penggaris, buku, dll.
Alat bantu digital, alat bantu rekaman video atau audio yang dapat membantu kita saat proses presentasi ataupun pidato
Fungsi alat bantu presentasi
fungsi alat bantu presentasi yaitu untuk memperjelas dan menekankan pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara, berikut fungsinya :
1. Memperjelas pesan pembicara
2. Menekankan pesan pembicara
3. Membantu audiens memahami ide atau proses yang rumit
4. Membantu audiens mengingat pesan pembicara
5. Membantu pidato jadi lebih menarik
6. Meningkatkan persepsi audiens terhadap kredibilitas pembicara
Demikianlah pembahasan kita kali ini, sampai jumpa dipembahasan-pembahasan menarik lainnya.
Sekian dan terima kasih
Ade Permana
Dosen Pengampu :
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI
Komentar
Posting Komentar