Langsung ke konten utama

Public Speaking : Pengenalan Karakteristik Media Online

Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Pengenalan Karakteristik Media Online. sudah penasaran? mari kita bahas, selamat membaca.

Karakteristik media online memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan media offline (konvensional). beberapa karakteristiknya itu membuat media online lebih unggul dibandingkan dengan jenis media lainnya.

Media online atau bisa disebut juga media digital saat ini menjadi alat bagi masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi. selain itu media digital juga memudahkan masyarakat dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan juga hiburan.

Beberapa Karakteristik Media Online

Kecepatan Informasi

Melansir dari Book Sries Jurnalisme Kontemporer: Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme 2021 karya Febri Nurrahmi, dkk, media online/digital dapat menyampaikan dan mengirim informasi dengan cepat.

Bisa diartikan media online bisa menginformasikan sebuah peristiwa dan fenomena di waktu yang bersamaan dengan berlangsungnya peristiwa/fenomena tersebut. sehingga pengiriman informasi ke khalayak ramai dapat dilakukan lebih cepat dan mudah.

Pembaruan Informasi

Karakteristik media online ini yang berbasis internet dan kemajuan teknologi, sehingga memungkinkan kita dapat mengakses informasi kapan dan dimana saja. informasi yang didapatkan juga sifatnya selalu diperbarui.

Timbal Balik

Media online menyediakan fasilitas yang bisa membuat penggunanya dapat merespon atas informasi yang disajikan. sebuah berita di media online biasanya menyediakan kolom komentar untuk menyampaikan pendapat, kritik dan saran.

Personalisasi

Pengguna dapat menentukan sendiri berita atau informasi apa yang ingin didapatkan. biasanya media online mengklasifikasikan berita yang disajikan. contohnya, berita tentang keuangan, teknologi dan lain sebagainya.

Kapasitas Tidak Terbatas

Salah satu karakteristik media online yang selanjutnya yaitu kapasitas tidak terbatas. Kapasitas yang dimaksud disini memeungkinkan media online untuk menyimpan berita, termasuk multimedia berupa foto dan video dengan jumlah dan waktu penyimpanan yang tidak terbatas.

Pranala

Seorang pengguna setelah membaca suatu informasi yang dibutuhkan, biasanya akan direkomendasikan berita lain yang masih memiliki keterkaitan dengan berita sebelumnya. dalam media digital biasa disebut dengan algoritma pengguna

Multimedia Capability

Selain itu keunggulan karakteristik media online lainnya ialah pengguna difasilitasi dalam hal penyediaan multimedia seperti foto, video, teks dan audio.


Demikian pembahasan kita kali ini, kita akan berjumpa kembali di pembahasan - pembahasan menarik lainnya.

Sekian dan terima kasih
Ade Permana

Dosen Pengampu : 

Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...