Langsung ke konten utama

Yang Perlu diperhatikan dalam Public Speaking!

Hallo Blogger,


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan Public Speaking. apabila hal-hal ini sudah dimiliki dan dikuasai, maka public speaking akan menjadi menyenangkan. saat melakukan public speaking hal pertama dan paling utama ialah


KEDEKATAN DENGAN AUDIENS

Saat kita melakukan public speaking tentunya audiens sangat beragam dan maka dari itu kita perlu menganalisa dan membangun kedekatan instan antara anda dan audiens walau belum saling kenal. dari kedekatan yang anda bangun tadi akan berubah menjadi Kepercayaan, dan apabila anda telah mendapatkan kepercayaan audiens maka audiens akan mengikuti apapun tujuan bicara anda.

Tujuan Bicara (Public Speaking) :

  • Mengajak 
  • Menyarankan 
  • Meminta
  • Memberi
  • Meyakinkan
  • Menjual
  • Dan lain-lain

Kegunaan Public Speaking :

  • Presentasi  
  • Berbicara pada saat Meeting
  • Berpidato  
  • Penyiar Radio
  • Master of Ceremonies  
  • Moderator
  • Presenter TV  
  • Pembicara Dll

Kunci dari Public Speaking adalah  dengan terus mengembangkan  Kreativitas, karena semakin kreatif penampilan Anda, akan semakin  tinggi kelas diri Anda. berikut beberapa cara untuk tampil kreatif :

  • Melihat dari berbagai sudut pandang
  • Gambar dalam Pikiran
  • Bicara 60 detik
  • Kebebasan Pikiran
  • Sumber Inspirasi

        5 W + 1 H

Apa yang sering terjadi saat Public Speaking ???

  • Jantung berdetak lebih cepat
  • Nafas pendek
  • Kerigat dingin
  • Sakit Perut
  • Gemetar
  • Bicara terbata-bata
  • Kehilangan kata
  • Dan masih banyak lagi, ini bisa dirasakan  satu per satu atau banyak sekaligus ( jadi terasa menderita sekali yaa)

Langkah - langkah mengurangi Grogi :

  • Latihan di Rumah
  • Datang tepat Waktu
  • Kenali materi Anda
  • Baca Catatan
  • Latihan
  • Penampilan
  • Kenali Panggung
  • Kenali Audience
Public Speaking akan menjadi menyenangkan apabila anda menguasai audiens dan teknik-teknik yang ada dalam public speaking.

·    

Sekian dan terima kasih
Ade Permana


Referensi dan Dosen Pengampu : 

Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...