Langsung ke konten utama

ETIKA dalam PUBLIC SPEAKING

Hallo Blogger,

Kembali lagi bersama saya, dalam pembahasan kita kali ini ialah Etika dalam Public Speaking. karena teknik public speaking sangat kita butuhkan dalam kegiatan sehari-hari. agar dapat menunjang hal tersebut kita perlu memperhatikan beberapa aspek yang dibutuhkan dalam kegiatan public speaking. salah satunya Etika, apa itu Etika?

Menurut K. Bertens Nilai dan norma moral, yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur perilaku. sedangkan menurut W.J.S Poerwadarminta Ilmu pengetahuan tentang suatu perilaku atau perbuatan manusia yang dilihat dari sisi baik dan buruknya yang dapat ditentukan oleh akal manusia. dan menurut Prof. DR. Franz Magnis-Suseno Ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan pijakan dalam tindakan manusia.

APA ITU ETIKA ?

Etika atau etik (ethics) berasal dari kata Yunani, "ethos", yang berati norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah, dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik atau "ethikos" yang artinya timbul dari suatu kebiasaan.

Public Speaking yang ber-ETIKA

  • Etis dalam tujuan
  • Etis dalam persiapan
  • Jujur
  • Bebas Plagiasi
  • Etis dalam Bahasa
Etis dalam tujuan :
  • Bisa dipertanggungjawabkan atas dasar etika
  • Apakah saya ingin orang lain mengetahui motif saya yang sebenarnya dalam menyampaikan pidato ini?
Etis dalam persiapan :

  • Sudahkah saya mempelajari dan meneliti topik secara menyeluruh?
  • Sudahkah saya mempersiapkan dengan baik agar tidak mengkomunikasikan informasi yang salah atau menyesatkan    kepada pendengar saya?
Jujur :
  • Bebas dari pernyataan yang salah atau sengaja  menipu.
  • Menyajikan statistik, kesaksian, dan jenis bukti lain secara adil dan akurat.
  • Jika menyertakan alat bantu visual, dipastikan menyajikan fakta dengan jujur dan andal?
  • Mengandung penalaran yang valid?
Menghindari Plagiasi :

Sebutkan sumbernya
  • kata/kalimat atau ide yang diambil dari buku / media massa.
  • informasi dari hasil interview dengan seseorang.
  • kata yang dikutip langsung.
  • diagram, ilustrasi, atau materi visual lain.
  • video atau audio yang tidak dibuat sendiri.
Tidak perlu sebutkan sumbernya

  • ide original 
  • hasil penelitian / temuan sendiri. 
  • hasil ilustrasi sendiri.
  • video buatan sendiri.
  • kebenaran umum (mis: matahari terbit di Timur dan terbenam di Barat).
Etis dalam Bahasa
  • Menghindari sebutan dan bentuk bahasa yang tidak etis (terkait suku, agama, ras, jenis kelamin, warna kulit, status, orientasi seksual, dll
  • Menunjukkan penghormatan terhadap hak kebebasan berbicara dan berekspresi
Ciri Audiens yang :
  • Mendengarkan dengan sopan dan penuh perhatian
  • Menghindari prasangka buruk terhadap pembicara
  • Menjaga kebebasan dan ekspresi diri yang terbuka

Kesimpulannya, etika itu penting dalam pidato/public speaking. public speaking yang ber-etika melibatkan : tujuan etis, persiapan yang etis, jujur, bebas plagiasi, bahasa yang etis. etika juga penting bagi audiens.

Sekian dan terima kasih
Ade Permana


Referensi dan Dosen Pengampu : 
Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking dalam Bisnis : Mapping, Speaking, dan Clossing.

Hallo Blogger,  Teknik Public Speaking merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki, baik dalam bermasyarakat maupun dalam berorganisasi. berbicara didepan audience lebih dari satu orang memiliki teknik dan trik yang harus kita pelajari. terutama apabila tujuan public speaking kita untuk mengajak atau menawarkan suatu produk ke calon konsumen. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya : 1. Observasi Audience Audience bersifat heterogen, maka dari itu kita perlu mengenali karakteristik audience atau calon konsumen kita satu persatu  2. Grouping Audience Seteleh kita mengenali karakteristik audience satu persatu, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan grouping audience berdasarkan beberapa indikator yang kita tentukan. sebagai contoh : Pendidikan Usia Hobby Tempat tinggal (lingkungan) Dan seterusnya 3. Mapping Strategi Setelah kita melakukan Observasi dan grouping audience, barulah kita lanjut ke step berikutnya yaitu mapping strategi. deng...

Public Speaking : Simulasi Opening Acara

Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menyampaikan kesan - kesan dalam proses pembelajaran simulasi public speaking bersama  Dosen Pengampu :  Serepina Tiur Maida, S.So s., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI Diantara materi simulasi public speaking Opening, Materi dan Closing. saya memilih untuk mensimulasikan opening MC suatu acara. saya menyadari banyak yang harus saya pelajari dan perbaiki kembali dalam skill public speaking. terutama untuk mengatasi atau mengurangi grogi saat tampil. dan berikut beberapa tips dan trick untuk mengatasi grogi saat public speaking : Persiapkan Diri Pastikan kita sudah memahami materi yang akan disampaikan, dan berlatihlah terus menerus. kita bisa berlatih di depan cermin atau keluarga terdekat. Pahami Audiens Kenali target audiens anda, termasuk bahasa yang mereka biasa gunakan sehari-hari. jangan sampai bahasa yang anda gunakan dalam menyampaikan materi tidak dipahami oleh audiens. sehingga pesan yang ingin anda sam...

Public Relation : Langkah - Langkah Penanganan Krisis Internal dan Eksternal

  Hallo Blogger, Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas Public Relation : Penanganan Krisis Internal dan Eksternal. Mari kita bahas bersama-sama ya,selamat membaca.                                                                                                                  DEFINISI KRISIS DAN JENISNYA Krisis adalah sebuah kondisi atau situasi yang ditandai oleh perubahan tiba-tiba dan serius dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang dapat mengancam stabilitas, kesejahteraan, atau kelangsungan hidup individu, kelompok, atau bahkan masyarakat secara keseluruha...